KlinikTotokSyaraf.blogspot.com KlinikTotokSyaraf.blogspot.com KlinikTotokSyaraf.blogspot.com KlinikTotokSyaraf.blogspot.com KlinikTotokSyaraf.blogspot.com KlinikTotokSyaraf.blogspot.com KlinikTotokSyaraf.blogspot.com KlinikTotokSyaraf.blogspot.com KlinikTotokSyaraf.blogspot.com KlinikTotokSyaraf.blogspot.com KlinikTotokSyaraf.blogspot.com KlinikTotokSyaraf.blogspot.com

Kamis, 05 Juni 2014

Saraf Terjepit

Saya akan menerangkan kepada anda tentang kehidupan. Hakekat manusia hidup adalah untuk belajar, kita di lahirkan sebagai pemenang, sadari bahwa kita telah berjuang dari 5 milyar sel sperma bakal calon indifidu dan lahir lah anda, selamat datang di bumi teman. kita di beri kesempatan di muka bumi ini untuk tinggal di bumi ini, bukan abadi bukan selama-lamanya, namun sementara, ada maksud dan tujuan spesifik anda di tinggal di sini, untuk belajar untuk pengembangan jiwa anda, anda lahir, tumbuh berkembang, menjadi dewasa, berkomunikasi dengan orang, kemudian anda mengalami kebahagianan atau penderitaan, sakit atau sehat, suka atau derita, silih berganti mewarnai kehidupan anda, tujuan sebenarnya adalah mendewasakan jiwa anda, apa yang anda sebut sakit atau penderitaan dalam tataran hakekat adalah sarana Allah, Pencipta sebagai alat anda untuk menjadi murni, menjadi bersih, sakit anda sebagai sarana jiwa  untuk bersabar, untuk membuang ego anda, melepaskan keterikatan atas nikmat di bumi, melatih anda untuk menjadi baik, meningkatkan watak dan kualitas moral, memiliki budi pekerti yang sempurna. Dengan sakit jiwa anda di murnikan di bersihkan Jiwa anda akan meningkat ke tataran yang lebih tinggi. Hakekat sabar adalah melepaskan, apa yang di lepaskan? Keterikatan.

Keterikatan dan  PERSEPSI

Bagian tubuh manusia yang paling unik adalah otak dan pikiran. Memahami cara kerja otak cukup rumit. Rumit karena jalur-jalur peta yang complex, syaraf-syaraf neuron yang jumlahnya jutaan dan panjangnya bisa mencapai ratusan kilo meter jika di sambung. Jaringan pusat nerve system yang berpusat dan mengendalikan kimia-kimia tubuh yang menentukan banyak hal seperti tindakan-tindakan yang diambil, perasaan perasaan yang timbul, hingga bayangan-bayangan dalam pikiran. Demikian unik dan ajaib.
Ada salah satu mekanisme Pikiran  yang kita sebut dengan PERSEPSI.
Apa itu persepsi? Segala sesuatu yang anda anggap benar menurut sudut pandang anda, bagaimana seorang manusia memandang dunia dan semua mempengaruhi tindak tanduk, mempengaruhi hasil, mempengaruhi masa depan seseorang. sifat persepsi personal, karana apa yang menurut anda benar belum tentu benar menurut orang lain, persepsi bisa menjadi batasan dalam tindakan kita namun bisa menjadi motor penggerak dalam kehidupan anda.

Ilustrasinya : Ada rumor bahwa BBM akan naik,  Anda membaca koran pagi ini. Diberitakan bahwa bensin premium sekarang menjadi Rp20.000/liter. Informasi tersebut masuk keotak kiri. Dianalisa. Mulai kita membandingkan (judge), kemudian terbayang, terimaginasi,  wah jangan-jangan, gila pemerintah sekarang main naikin harga, emosi keluar. Begitu emosi tercipta, System filter otak (RAS : Reticular activating system) tersambung lompatan netron otak cepat terbentuk, tindakan yang dipilihnya, DEMO!!!.

Bagaimana kalau ternyata anda adalah orang yang memiliki tabungan di bank sebanyak Rp 10 Milyar. Membaca informasi bahwa harga premium naik menjadi Rp 20.000/liter. Maka informasi tetap masuk keotak dan dianalisa. Karena anda tau hal itu tidak mempengaruhi apa-apa, jadi anda tidak membayangkan apa-apa, dan tidak melakukan tindakan apa-apa.

Saya terangkan Tentang mekanisme PERSEPSI ini agar anda memiliki tekat dan keinginan yang kuat untuk sembuh dari penyakit saraf terjeit dan agar tempat Totok syaraf tidak di jadikan sebagai tempat Wisata Terapi.  Apa itu wisata Terapi? Adalah orang yang Hanya mencicipi atau melakukan terapi sekali saja dan mengharapkan hal yang luar biasa yakni kesembuhan, Saya mengajak anda untuk mengetahui lebih jauh tentang saraf terjepit, penyakit saraf terjepit  tulang belakang di sebabkan oleh banyak factor di antaranya:

  •   Subluxation atau dislokasi. subluxation atau dislokasi tulang belakang adalah bergesernya ruas tulang belakang sehingga menghimpit syaraf disebabkan  oleh beberapa sebab seperti  terjatuh, trauma pukulan, benturan.dsb. Subluxation ini bias di lihat hanya dengan rontgen saja, hasilnya akan terlihat struktur tulang yang menyimpang atau tidak pada tempatnya. Pengobatan syaraf terjepit jenis ini bisa di perbaiki dalam beberapa kali terapi saja. Caranya dengan melakukan adjustment di tulang belakang dengan teknik chiropractic.
  •         Hernia Nukleus Pulposus (HNP), HNP adalah menonjolannya  nukleus pulposus melalui anulus fibrosus atau annulus fibrosus menjadi robek ke dalam kanalis spinalis dan mengakibatkan penekanan radiks saraf. Di tandai oleh Sakit atau nyeri di pinggang menjalar ke salah satu kaki atau kedua kaki, menjalar dari pinggang , bokong , paha , betis dan di ujung kaki, kondisi yang lebih akut bisa mengakibatkan kelumpuhan. HNP hanya bias di lihat oleh foto MRI
  •       Scoliosis (dari bahasa Yunani: '' skolíōsis'' berarti "bengkok") adalah suatu kondisi medis di mana seseorang tulang belakang melengkung dari sisi ke sisi, berbentuk seperti "s" atau “C”. Untuk orang dewasa dapat sangat menyakitkan. Pada sinar-x, dilihat dari belakang, tulang belakang seorang individu dengan scoliosis khas mungkin tampak lebih seperti "S" atau "C" Itu biasanya diklasifikasikan sebagai bawaan (disebabkan oleh vertebra anomali yang hadir pada saat lahir)
  •            Dan masih banyak lagi penyebab syaraf terjepit.

Jika anda datang ke Totok syaraf dan anda tidak membawa atau memiliki data tentang penyakit saraf terjepit seperti foto rontgen tulang belakang atau MRI tulang belakang dan anda mengharapkan satu kali terapi bisa sembuh itu adalah hal yang aneh. Karena apa? karena gejala sakit anda mungkin sama dengan orang lain yang terkena saraf terjepit, yakni nyeri di tulang belakang tapi penyebabnya masing-masing orang bisa berbeda beda, apakah anda mengalami dislokasi tulang atau HNP atau scoliosis. 

Beberapa PERSEPSI yang mungkin terbentuk dalam benak anda.

  •  Baru Sekali terapi kok belum ada perubahan ya, masih terasa sakit. 
Jika saraf terjepit di sebabkan dislokasi, satu sampai tiga kali terapi sudah banyak menunjukan perubahan yang berarti, karena dengan chiropractic tulang belakang anda yang mengalami dislokasi akan di  adjustment. biasanya terdengar bunyi kreek kreek di tulang yang mengalami dislokasi. dan ini hanya membutuhkan beberapa detik gerakan adjustment. Tapi jika anda mengalami HNP yaitu bantalan tulang belakang yang keluar sehingga menghimpit syaraf di perlukan terapi yang lama dan perlu ada gerakan senam stretching untuk mengatasi nyeri di pinggang yang menjalar ke bokong, paha bagian luar, hingga betis dan ujung jari kaki. Kenapa lama terapinya?  

Perhatikan Gambar di bawah ini... 




inilah penyebab sakit HNP, masyarakat menyebutnya Saraf terjepit di pinggang, suatu rasa nyeri di bagian  pingang bawah yang menjalar ke bokong, paha dan betis hingga kaki yang terasa kram atau kesemutan, dalam kondisi akut bisa menyebabkan kelumpuhan. keluarnya nucleus pulposus  dari discus merobek annulus fibrosus kemudian keluar menekan syaraf di tulang belakang. Nucleus pulposus ini letaknya berada di dalam tulang belakang dan memiliki sifat lunak, jika dislokasi tulang belakang hanya memerlukan gerakan adjustment, sekali krek krek beres, namun HNP tidak bisa di obati hanya dengan mengkreek kreek tulang belakang. 

Cara yang logis ada dua yakni dengan memotong nucleus pulposus yang keluar dan menghimpit syaraf tentu dengan cara operasi, yang ke dua dengan cara traksi atau menarik tulang belakang sehingga nucleus pulposus kembali masuk ke dalam.


  • Menurut pak hendrawan berapa kali terapi untuk kasus HNP ini.

Tentu di lihat kondisi nucleus pulposus nya. apakah hanya menonjol keluar atau sudah merobek annulus fibrosus, kemudian yang perlu di perhatikan adalah seberapa banyak nucleus pulposus yang keluar, apakah hanya satu ruas tulang belakang saja ( umumnya terjadi di L5-S1) atau lebih dari satu ( umumnya di L5-S1 dan L4-L5) 
faktor lainnya seperti usia dan berat badan. Dalam kondisi HNP yang ringan dan usia yang masih muda dan berat badan yang ideal, penyakit HNP bisa di obati dalam 5 kali terapi. 
HNP berat
HNP Ringan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar